-->

Cara streaming Video menggunakan VLC Media Player

Advertisemen
Zonanya 51 berikut tentang Cara streaming Video menggunakan VLC Media Player :



VLC Media Player merupakan perangkat lunak pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain lain. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD, VCD maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (Open Source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulati dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS dan beberapa sistem operasi lainnya. 

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. VLC Media Player adalah program multimedia player yang sangat portabel. Singkatnya, program ini bisa dipakai untuk memutar berkas multimedia, baik yang ada di komputer, keping CD atau DVD, hingga untuk streaming di internet.

Tutorial Membuat Video LAN Streaming pada VLC Media Player

1. Matikan semua firewall yang ada pada komputer/ laptop


2. Buka VLC Media Player dan siapkan 1 buah video untuk di putar secara streaming nantinya.

VLC Media Player
Video

3. Klik pada bagian kiri atas yang bertuliskan Media, setelah itu klik kembali Streaming


4. Akan muncul jendela baru bertuliskan Open Media setelah itu klik Add + setelah itu pilih video yang akan di putar


4. Jika sudah maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih stream.


5. Maka akan muncul tampilan/ jendela stream output. Lalu tekan pilihan next 



6. Lalu setelah itu centang "Tampilan secara lokal". Selanjutnya ubah ke mode HTTP bukan file pada menu dropdown setelah itu klik tambah. Tulis port untuk 8080. Setelah itu tekan next.



7. Setelah itu centang kembali aktivasikan transkoding. Setelah itu pilih stream. 


8. Setelah itu centang kembali "Stream semua stream elementer". Setelah itu tekan stream. Maka pada VLC Media Player akan muncul video yang tadi kita gunakan untuk stream. Yang artinya stream telah berjalan.


9. Sebelum kita cek pada hp kita masing-masing yang kita lakukan adalah cek ip pada pc kalian masing dengan CMD.



10. Tes terlebih dahulu pada browser, disini saya memakai Mozilla Firefox dan IP pada PC saya 192.168.100.5. setelah browser sudah dibuka maka kita masukkan HTTP://109.168.100.5:8082/. Untuka angka 8082 adalah port yang sudah di atur pada VLC, jika sudah melakukan hal tersebut yang direspon oleh browser kita adalah mendownload video tersebut.



11. Pindah ke HP kita buka playstore download VLC terlebih dahulu jika pada HP belum terdapat aplikasi tersebut setelah sudah didownload lalu buka aplikasi tersebut.



12. Gambar dibawah merupakan tampilan jika sudah membuka VLC lalu kita klik Menu Pop up yang ada pada VLC > Klik Streams.



13. Untuk streaming gambar dibawah ketika sudah Klik Streams pada bagian VLC maka kita masukkan sama terhadap Browser kita yaitu memasukkan alamat IP serta Port yang sudah di set, yaitu HTTP://192.168.100.5:8082/. selamat streaming dan ingat jaringan yang dipakai harus stabil agar streaming menjadi puas.



: Cara streaming Video menggunakan VLC Media Player ok sekian dan semoga Cara streaming Video menggunakan VLC Media Player bermanfaat
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments